-OBAMA….-

HARI INI DI GEDUNG PUTIH ; Obama Menerima PM Israel
23/03/2010 08:36:55 JERUSALEM (KR) – Presiden AS Barack Obama mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Gedung Putih untuk mengadakan pertemuan Selasa (23/3) ini guna membahas upaya perdamaian Timur Tengah. Sebelumnya Netanyahu menolak desakan AS untuk menghentikan pembangunan pemukiman di Jerusalem Timur. Associated Press melaporkan, Senin (22/3).
Kantor PM Netanyahu mengatakan, undangan itu diserahkan ke Netanyahu oleh Duta Khusus Obama untuk Timur Tengah, George Mitchell, di awal pertemuan mereka Minggu (21/3) kemarin. Menurut Gedung Putih, Wakil Presiden AS Joe Biden mengadakan jamuan makan malam untuk Netanyahu Senin malam di rumah dinasnya di Naval Observatory, Washington, sebelum bertemu Obama.
Kurang dari dua pekan lalu Biden berkunjung ke Israel, ketika Israel mengumumkan pembangunan 1.600 unit rumah di Jerusalem Timur yang memicu perselisihan antara Washington dengan pemerintah Israel. Biden mengecam substansi dan waktu pengumuman tersebut, namun kemudian mengatakan ia menerima ungkapan penyesalan Netanyahu atas insiden itu.
“Kebijakan kami terhadap Jerusalem sama seperti semua pemerintah Israel sebelumnya dalam 42 tahun terakhir, belum ada yang berubah. Pembangunan di Jerusalem adalah sama dengan pembangunan di Tel Aviv, dan ini yang kami tegaskan kepada pemerintah AS,” kata Netanyahu menjelang pertemuan kabinet, Minggu.
Netanyahu mengatakan, ia telah mengemukakan posisinya melalui surat kepada Menlu AS Hillary Clinton, yang menuntut Israel melakukan serangkaian tindakan untuk mengakhiri krisis menyangkut pembangunan pemukiman di Jerusalem. Kantor Netanyahu mengatakan, PM  berhaluan garis keras itu mengusulkan ‘langkah pembangunan berdasarkan kepercayaan’ yang dapat dilaksanakan oleh Israel dan Palestina.
Netanyahu sebelumnya menegaskan tidak akan ada penghentian pembangunan pemukiman di Jerusalem Timur, namun dengan konsesi dari Washington, ia mengatakan Israel menyetujui semua isu dapat dibicarakan dalam perundingan tidak langsung dengan Palestina. “Kami setuju semua isu dibahas dalam perundingan tidak langsung. Namun solusi sejati atas persoalan mendasar antara kami dan Palestina hanya dapat dipecahkan dalam perundingan langsung dan negosiasi damai,” katanya.
Sekjen PBB Ban Ki-moon, yang mengakhiri dua hari kunjungan ke Israel dan Palestina, mengatakan ia akan mendorong negara-negara Arab untuk mendukung perundingan damai. Saat mengunjungi Jalur Gaza, Ban mengecam Israel karena memblokade wilayah yang dikuasai Hamas itu hingga menyebabkan penderitaan yang tak dapat diterima.
(AP/R-3)-s
Kemarin Mitchell mengadakan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas, yang mengancam akan mundur dari perundingan tidak langsung dengan Israel sebagai protes atas pengumuman pembangunan pemukiman Yahudi. Abbas juga mengutuk pembunuhan empat warga Palestina oleh tentara Israel akhir pekan lalu.(AP/R-3)

Cetak Berita
Kirim ke teman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s